welcome.....

selamat datang di blog saya

Rabu, 02 Juli 2014

Konfigurasi SNMP dan MRTG di UBUNTU

1.PENDAHULUAN
            Jaringan wilayah disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
            Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.dan untuk melihat terific suatu LAN bisa kita gunakan konfigurasi SNMP dan MRTG ini.

2.TUJUAN
            Adapun tujuan pratikum ini adalah sebagai berikut:
1.      untuk memonitor device-device yang terhubung ke jaringan akan kondisi-kondisi systemnya yang penting.
2.      Untuk melihat trafik dan monitoring jaringan yang terhubung ke LAN.

3.DASAR TEORI
            SNMP (Simple Network Management Protocol) adalah protocol pada layer yang bekerja pada layer aplikasi dalam OSI layer, yang menyediakan format komunikasi antara yang disebut agent dan manager, yang nantinya untuk memonitoring atau memanage perangkat network seperti, switch, router, pc , printer dan perangkat network lainnya. SNMP manager adalah aplikasi network management yang berjalan pada PC, dan agent adalah software yang berjalan pada device yang akan di manage. SNMP agent bekerja untuk mengambil variabel yang berada pada database variabel atau yang sering disebut MIB (management Information Base)  dan membuatkan parameter untuk device tersebut. Pengambilan informasi dari SNMP agent disebut GET message, dan message yang menulis variabel disebut SET message. Biasanya SNMP manger dipasang di server NMS (network magement service), NMS akan menampilkan value SNMP secara periodic melalui graphic contoh aplikasi NMS yaitu cacti. Dalam bentuk graphic administrator akan lebih mudah untuk melihat CPU utilization, disk usage dll, apakah dalam keadaan normal atau tidak. Selain SNMP GET message, untuk pengambilan value SNMP lewat MIB ada juga SNMP Trap yaitu message bila suatu perangkat terjadi masalah makan perangkat tersebut akan mengirimkan pesan SNMP trap, contohnya ketika suatu perangkat interfacenya down mati. Device mengirimkan SNMP trap dengan tidak ada ack yang diterima oleh NMS, dengan terminologi seperti ini berarti pesan yang dikirmkan itu unreliable (tidak dapat dipercaya).
            MRTG, atau Multi Router Traffic Graph adalah suatu program yang digunakan untuk mengumpulkan informasi-informasi SNMP dari beberapa router, diolah datanya menjadi log-log dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Gambar grafik tersebut disajikan di dalam halaman web dan dapat diakses dari browser apapun. Dikarenakan MRTG berbasis SNMP, pada dasarnya anda dapat menampilkan grafik untuk segala perangkat dan service yang di-support oleh SNMP. Tetapi apabila SNMP anda tidak berfungsi maka grafik juga tidak bisa ditampilkan oleh MRTG.
            MRTG akan membuat grafik secara berkala per hari, per minggu, per bulan dan per tahun, sehingga anda dapat mendapat gambaran atas jaringan anda. Tetapi MRTG hanya mengumpulkan data dan mengolah grafik, bukan untuk memberikan peringatan.MRTG juga bergantung terhadap web server, karena grafik ditampilkan dalam suatu website. Anda bisa gunakan webserver apa saja yang anda kehendaki.

4.HASIL PERCOBAAN



5.ANALISA
Berdasarkan data yang telah kita dapatkan maka dapat kita lihat Traffic Graph dari jaringan yang kita pakai di PCR. Traffic ini di dapat dari pengolahan logaritma snmp yang kita atur pada ubuntu 12.04. snmp itu sendiri adalah memonitoring jaringan PCR.               Selain digunakan untuk memonitoring sebetulnya SNMP dapat digunakan untuk melakukan perubahan dan memberikan konfigurasi baru ke server. Tetapi pengubahan konfigurasi system di server hanya dilakukan apabila ada perubahan infrastruktur di jaringan.Nilai-nilai variabel yang diakses menggunakan SNMP diatur dalam bentuk hirarki. Tipe hirarki dan metadata (seperti tipe dan deskripsi variabel) diatur oleh Management Information Bases (MIBs).
Bisa kita lihat pada data ada beberapa grafik yang kita dapatkan yaitu ada staff 01-05, router ke public, ke perumahan dosen, untuk DMZ, puskom, staf admin dan ke wan XP, lab 01 dan untuk support. Dapat kita lihat untuk masing-masing router berbeda nilai trafiknya dan yang paling sibuk itu adalah milik staf 01 sampai dengan staf 05 dan wanXP. Sedangkan untuk tarifik yang kurang sibuk itu milik support.
6.KESIMPULAN
Berdasarkan analisa dan data maka dapat kita simpulkan :
1.       SNMP adalah program yang memuat data tarific dan MRTG adalah programuntuk membuat grafik perhari dari SNMP itu.
2.       PCR terdiri dari 13 tarific.
3.       Tarific staf 01,02,03,04,05 dan wanXP adalah tarific tersibuk di PCR.

4.       Tarific analisis for support adalah yang terlancar di PCR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar