welcome.....

selamat datang di blog saya

Kamis, 03 Juli 2014

BLOCKING CLIENT BERDASARKAN IP ADDRESS MAC ADDRESS DAN ALAMAT WEBSITE PADA MIKROTIK ROUTER

1.            Pendahuluan
                Perkembangan teknologi dan informasi memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyakat. Salah satunya adalah jaringan komputer yang menjadi hal penting yang ada di Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan adanya jaringan komputer kegiatan komunikasi yang dilakukan menjadi lebih mudah, efektif,hemat waktu, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang didapat dengan adanya jaringan komputer dalam perusahaan.Firewall  adalah  sistem  atau  sekelompok  sistem  yang menetapkan  kebijakan  kendaliakses  antara  dua  jaringan.  Secara  prinsip,  firewall  dapat  dianggap sebagai  sepasang  mekanisme :  yang pertama memblok lalu lintas,  yang kedua mengijinkan lalu lintas jaringan. Permintaan internet yang membutuhkan Network Address Translation (NAT) cukup kompleks, namun terjadi begitu cepat sehingga pengguna akhir jarang tahu itu telah terjadi. Sebuah workstation dalam jaringan membuat permintaan ke komputer di Internet. Router dalam jaringan mengakui bahwa permintaan tidak untuk sumber daya di dalam jaringan, sehingga mereka mengirim permintaan untuk firewall.
                Firewall itu melihat permintaan dari komputer denganIP internal. Firewall tidak dapat  digunakan untuk melindung jaringan anada dara serangan jaringan dari pihak luar. Namun  firewall  tidak  dapat  melindungi  dari  serangan yang tidak melalui firewall dan serangan dari seseorang yang berada di dalam jaringan anda, serta firewall tidak dapat melindungi anda dari program-program aplikasi yang ditulis dengan buruk.
                Network monitoring ini umumnya dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat komputer atau PC (Personal Computer) yang bertindak sebagai server dan terhubung ke dalam jaringan lokal organisasi pemerintahan. Proses monitoring ini mengharuskan network administrator untuk terus berada di depan layar dan melakukan pemantauan terhadap berbagai proses yang terjadi dalam jaringan agar kinerja jaringan tetap terjaga. Oleh karena itu network monitoring harus digunakan agar jaringan tersebut dapat diamati.

2.            Tujuan
•             MahasiswamampumemahamicarakerjaNAT pada mikrotik
•             MahasiswamampumelakukaninstallasidankonfigurasiNAT pada mikrotik
•             Mampu melakukan blocking pada user dengan menggunakan mikrotik router


3.            Topologi


4.            Dasar Teori
                MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linuxbaseyangdiperuntukkan sebagainetworkrouter didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melaluiWindowsApplication (WinBox).
Internet — Modem — Router — AP — Client
Pada jaringan di atas terdapat 1 client yang dimana masing-masing menggunakan DHCP. Pada dasarnya ketika saya berlangganan internet, maka akan  mendpatkan IP public. IP ini lah yang akan digunakan untuk berkomunikasi secara global (internet). Timbul pertanyaan, jika hanya IP public yang dapat berkomunikasi dengan internet, maka seharusnya IP private tidak bisa. Karena pada dasarnya Jaringan global (internet) menggunakan alamat IP yang bersifat unique, artinya setiap komputer akan memiliki IP yang berbeda-beda. Lalu bagaimana caranya, kok client pada jaringan hotspot saya bisa ber-internet, sedangkan IP yang digunakan adalah IP private.
Sebenarnya, ketika client melakukan akses internet, maka akan terjadi suatu proses translasi IP yang disebut dengan NAT (Network Address Translator).
                NAT (Network Address Translation) adalah suatu protokol yang digunakan mikrotik untuk mentranslasikan IP publik ke IP privat agar ip privat dapat tersambung dengan ip publik dalam penggunaan internet. Setelah saya mengulas tentang DHCP server pada artikel saya yang lain, disini saya akan mengeshare sedikit tentang membuat NAT di router Mikrotik OS. Dimana router Mikrotik yang tersambung dengan modem atau PC sumber internet yang akan mendapatkan IP publik dari internet serta pada PC guest/client yang tersambung dengan Mikrotik menggunakan IP Privat akan dapat mengakses internet dengan cara konfigurasi NAT pada mikrotik tersebut,.
Pada  mesin  Linux , untuk  membangun   NAT dapat  dilakukan dengan  menggunakan   iptables
(Netfilter). Dimana  pada iptables memiliki tabel  yang mengatur NAT .
Pada tabelNAT, terdiri dari  3 yaitu:
– PREROUTING, digunakan untuk memilah  paket yang akan diteruskan
– POSTROUTING,  digunakan untuk  memilah paket yang telah di teruskan
– FOR WARD, digunakan untuk memilih pak et yang melalui router .

                Proses  NAT dilakukan  pada  data  yang  akan  meninggalkan  ROUTER . Sehingga  pada  iptables
untuk   pengolahan  NAT  dilakukan  pada  chain  POSTROUTING.  Rule yang  diberikan  kepada
paket data tersebu t adalah MASQUERADE.
Langk ah-langk ah membangun NAT dengan  iptable s pada  Linux R outer :
1. T entukan NIC mana  yang terkoneksi ke internet dan yang teroneksi ke LAN
2. T entukan Network  Address dari LAN, misal 192.1 68.1.0/24
3. Menambahkan Rule di iptables
# iptables -t  nat -I POST ROUTING -s 192.16 8.1.0/24 -j MAS QUER ADE
Dengan menggunak an NAT ini, IP dari  LAN akan dapat terkoneksi ke jaringan yang lain, tetapi
tidak dapat  diakses dari  jaringan  lain.

Proxy-Server
Proxy   server   adalah  sebuah  server   pada   jaringan   komputer   yang   memberikan   pelayanan
pada  komputer   client   untuk   dapat  melakukan   koneksi   tidak   langsung  (indirect   connec ion)
dengan  jaringan  yang lainnya . Client   meminta  koneksi  ke  arah  proxy  server  kemudian  server   melakukan   koneksi   ke arah
server  tujuan,   atau  mengambi l  data  dari  dalam tempat penyimpanan  sementara (cache).
Untuk mesin Linux , dapat menggunakan aplikasi “squid”. Dimana  pada squid tersebut dapat
melakukan pembatasan  akses.
File konfigurasi squid   berada di direktori   /etc/squid/, dan  file konfigurasinya  bernama
“squid.conf”.   Squid   menggunakan port tertentu untuk menerima  request dari client,
defaultnya adalah 3128.
Untuk  menggunakan proxy,   client dapat merubah preferences  / options  pada  software  web
browsernya dengan  mengarahkan IP proxy dan portnya.
Jadi,secara singkat NAT (Network Address Translator) merupakan teknik pengalamatan IP yang memberikan beberapa keuntungan antara lain :
•             Menghemat IP public.
•             Meningkatkan fleksibilitas koneksi ke jaringan public.
•             Menyediakan keamanan jaringan
•             Konsistensi terhadap skema pengalamatan jaringan internal.

                 NAT atau network address translation adalah sesuatu yang bisa membuat single device seperti router untuk berfungsi seperti sebuah agen antara internet (public network) dan sebuah jaringan local(private network).ini artinya ada sebuah IP address yang unik yang diperlukan untuk mempresentasikan keseluruhan grup computer terhadap apapun yang ada diluar jaringan mereka.  Setelah itu kita pastikan pada halaman firewall sudah tampil masquerading yang kita buat tadi pada bagian NAT.Transparent proxy adalah  suatu cara supaya client dapat  tetap  mengakses ke jaringan  lain
tanpa  harusmemasukkan IP proxy server pada  web browsernya.

NAT adalah solusi yang memadai jika:
•             Akses ke internet dan akses ke jaringan tidak dibatasi berdasarkan user per user. Jaringan private berisi user didalam lingkungan yang tidak bisa di routed.
•             Organisasi anda memerlukan address private untuk komputer-2 pada jaringan private.
Suatu server NAT memerlukan paling tidak 2 interface jaringan.
•             Setiap interface memerlukan IP address, range IP address yang diberikan haruslah berada dalam subnet yang sama dengan jaringan dimana ia terhubung.
•             Subnet mask juga harus sama dengan subnet mask yang diberikan pada segmen jaringan dimana dia terhubung
Suatu server NAT dapat diletakkan pada jaringan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu:
•             Mengisolasi traffic jaringan pada segmen jaringan sumber, tujuan, dan segmen jaringan intermediate
•             Membuat partisi subnet didalam jaringan private, melindungi data confidential.
•             Pertukaran paket jaringan antara jenis segmen jaringan yang berbeda

5.            Data Percobaan dan Analisa
                Berdasarkan  praktikum kali inidilakukannyablocking client berdasarkan IP Address MAC Address dan alamat website pada mikrotik router  menggunakan aplikasi winbox dimana ada tugas yang berbeda dengan mingggu lalu karena pada praktikum ini Proses blocking pada akses client dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan menggunakan IP address, MAC address maupun dengan alamat website tujuan.
                Perlu diketahui WinBox merupakan aplikasi mode GUI untuk meremote dan mengkonfigurasi. NAT atau network address translation adalah sesuatu yang bisa membuat single device seperti router untuk berfungsi seperti sebuah agen antara internet (public network) dan sebuah jaringan local(private network), ini artinya ada sebuah IP address yang unik yang diperlukan untuk mempresentasikan keseluruhan grup computer terhadap apapun yang ada diluar jaringan mereka.
                Dalam pemblockingan alamat website ini terlebih dahulu harus dilakukannya pengesetan pada NAT,seperti yang di praktikumkan minggu lalu. Proses blocking alamat website berlaku untuk seluruh range IP yang telah disetting pada router mikrotik dandapatmenghindari user untuk browsing alamat-alamat website yang tidakdiinginkan.

•             Disini client yang akan diblok memiliki IP address 192.168.1.253. Untuk membloking nya dengan cara memilihmenu IP>>Firewall>>general.
Chain =  forward
Src = 192.168.1.253
Out interface = ether3_WAN
Selanjutnya klik “Action”






Disini IP yang sudah diset untuk diblok yaitu 192.168.1.253  dan tampak pada cmd tidak dapat terhubung ke IP address tersebut karen sudah diblok pada NAT.Proses blocking MAC address bersifat tetap untuk sebuah client yang di drop, sedangkan blocking IP address bersifat dinamik karena IP tersebut bersifat DHCP.
                Pada langkah yang pertama yang dilakukan yaitu mensetting NAT terlebih dahulu seperti praktikum sebelumnya, untuk memastikan PC Server dan PC Client sudah aktif atau belum. Perbedaan dari hasil data praktikum yang minggu lalu dengan yang sekarang yaitu, pada praktikum kali ini memblok suatu IP yang dikunjungi orang. Pada praktikum ini, kami memblok (drop)192.168.1.253.

                Kemudian untuk pengetesan blok alamat website  ke-2 dilakukannya pengedropan pada website google dengan IP  74.125.68.147.  Tampak pada cmd data yang diperoleh sebagia berikut:


               
                Data yang tampak pada cmd akan terlihat dibawah, dimana jika IP tersebut diblok maka jika user mencoba untuk ping  ke IP tersebut maka tidak akan terhubung. Namun jika user menblok IP yang sudah diset untuk mendrop dan memberi tanda [X] (lih.menu di action), maka IP yang sudah diblok tersebut akan terhapus. Sehingga user dapat untuk masuk ke IP tersebut itu lagi.Ini berarti ketika client melakukan ping ke www.google.com ternyata tidak dapat terkoneksi. Hal ini menandakan client dengan MAC address 44:37:E6:45:0E:5E akses internetnya sudah diblok. Namun ketika di unblocking client kembali lagi bisa mengakses internet.



                Selanjutnya dilakukan lagi ping ke web www.detik.com ,dimana sebelum diset drop pada NAT untuk IP ini jaringan terkoneksi sehingga user dapat mengakses alamat tersebut.
Web detik.com ini memiliki IP 203.190.242.69. Setelah diset drop pada NAT ,saat dilakukan tes jaringan di cmd,client tidak dapat mengakses web detik.com.


6.            Kesimpulan.
•             Dengan Winbox ini kita bisa mendeteksi System Mikrotik yang sudah di install asalkan masih dalam satu network, yaitu dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik.

•             Keuntungan dari blocking alamat add ini yaitukarenadapatmenghindari user untuk browsing alamat-alamat website yang tidakdiinginkan.

•             Proses blocking alamat website berlaku untuk seluruh range IP yang telah disetting pada router mikrotik dandapatmenghindari user untuk browsing alamat-alamat website yang tidakdiinginkan.

•             Sebelum di set NAT pada mikrotik,jaringan tidak dapat terhubung jaringan lain,namun setelah disetting NAT pada mikrotik,jaringan terhubung ke jaringan luar.


•             Blocking IP address bersifat dinamik karena IP tersebut bersifat DHCP, dan proses blocking MAC address bersifat tetap untuk sebuah client yang di drop. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar