welcome.....

selamat datang di blog saya

Rabu, 02 Juli 2014

Monitoring Jaringan Menggunakan CACTI

1.Pendahuluan
Jaringan wilayah disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
            Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Untuk melihat terific suatu LAN bisa kita gunakan konfigurasi CACTI.

2.Tujuan
            Adapun tujuan pratikum ini adalah sebagai berikut:
1.         untuk memonitor device-device yang terhubung ke jaringan akan kondisi-kondisi systemnya yang penting.
2.         Untuk melihat trafik dan monitoring jaringan yang terhubung ke LAN.

3.Dasar Teori
Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan cacti diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS.
Cacti salah satu aplikasi open source yang menrupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server.
            Cacti dapat digambarkan sebagai :
1.    Data Retrieval
Hal pertama yang dilakukan oleh Cacti adalah mengumpulkan data. Data dikumpulkan dengan Poller yang dieksekusi oleh Operating System. Interval pengumpulan data atau dengan kata lain eksekusi Poller dapat kita atur melalui fasilatas penjadwalan yang tersedia di Operating System seperti crontab.

2.    Data Storage
Data yang telah dikumpulkan oleh Poller, selanjutnya akan disimpan secara teratur di bawah /rra. Untuk proses ini, cacti menggunakan Round Robin Database (RRD) dimana data akan ditata dalam urutan waktu (time-series). Data yang dapat berupa trafik jaringan, suhu mesin, server load average, mounting load dan lainnya berbentuk file berekstensi .rra dan selanjutnya siap dipresentasikan dalam bentuk grafik.

3.    Data Presentation
Keutamaan penggunaan RRDtool adalah fungsi grafiknya. Data-data yang tertata dalam /rra akan di presentasikan dalam grafik dan ditampilkan oleh webserver yang kita gunakan. Cacti juga menyediakan halaman pengaturan grafik untuk memudahkan kita memanajemen gambar-gambar yang ingin kita tampilkan serta cara menampilkannya.

Persyaratan Cacti :
Untuk menerapkan sistem monitoring cacti ini, perlu diperhatikan untuk menginstal paket berikut :
• RRDTool
• httpd/apache
• php
• php-mysql
• php-snmp
• mysql
• mysql-server
• net-snmp

Jika salah satu atau lebih paket dalam daftar diatas belum ada, maka terlebih dahulu harus menginstal/menambahkan paket tersebut. Dalam beberapa kasus yang saya alami, instalasi paket2 diatas akan sedikit merepotkan, berkaitan dengan dependensi paket-paketnya.

4.Hasil Percobaan



5.Analisa
            Berdasarkan pratikum dan data yang telah di ambil maka ada beberapa hal yang dapat kita lihat di antaranya bahwa pada percobaan ini kita memonitor jaringan Politeknik Caltex Riau dengan menggunakan software cacti. Software cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan cacti diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS.
            Sama halnya seperti pratikum yang sebelumnya dengan menggunakan MRTG dan SNMP. Namun pada pratikum kali ini kita menggunakan software yang lebih bagus toolnya dibandingkan sebelumnya namun hasilnya lebih kurang sama. Jika menggunakan MRTG kita memanfaatkan SNMP disini ada beberapa data yang kita olah menggunakan cacti. dikumpulkan dengan Poller yang dieksekusi oleh Operating System. Interval pengumpulan data atau dengan kata lain eksekusi Poller dapat kita atur melalui fasilatas penjadwalan yang tersedia di Operating System seperti crontab. Data yang telah dikumpulkan oleh Poller, selanjutnya akan disimpan secara teratur di bawah /rra. Untuk proses ini, cacti menggunakan Round Robin Database (RRD) dimana data akan ditata dalam urutan waktu (time-series). Data yang dapat berupa trafik jaringan, suhu mesin, server load average, mounting load dan lainnya berbentuk file berekstensi .rra dan selanjutnya siap dipresentasikan dalam bentuk grafik. Keutamaan penggunaan RRDtool adalah fungsi grafiknya. Data-data yang tertata dalam /rra akan di presentasikan dalam grafik dan ditampilkan oleh webserver yang kita gunakan. Cacti juga menyediakan halaman pengaturan grafik untuk memudahkan kita memanajemen gambar-gambar yang ingin kita tampilkan serta cara menampilkannya.
            Dari proses di atas kita dapatkan data bahwa pada terific router PCR 1 itu lebih sibuk datanya dibandingkan dengan yang lain 17.86Mb in dan 274.74Mb out. Itu adalah besar data yang keluarmasuk pada router tersebut. Sedangkan yang tidak sibuk itu adalah pada terific router PCR 9 dengan 0bytes data in dan 5.62Kbytes data out.

5.Kesimpulan
                Berdasarkan analisa data dapat kita simpulkan bahwa:
1.       Ada tiga proses penting dalam cacti yaitu Data Retrieval, Data Storage dan Data Presentation.

2.       Jaringan tersibuk adalah pada terific router PCR 1 sedangkan yang tak tersibuk adalah terific router PCR 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar