welcome.....

selamat datang di blog saya

Jumat, 21 Mei 2010

jenis-jenis tari


Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu  tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan Barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik.
Tari pendet merupakan tari putri berkelompok yang memiliki pola-pola gerak dinamis. Tari penyambutan ini ditampilkan dengan membawa bokor (sejenis mangkok) berisi bunga tabur. Pada saat menari, para penari pendet akan menaburkan bunga sebagai bentuk penyambutan kepada para tamu/penonton.
Bagandut merupakan Jenis tari tradisional berpasangan yang di masa lampau merupakan tari yang menonjolkan erotisme penarinya mirip dengan tari tayub di jawa dan ronggeng di sumatera. Gandut artinya tledek (Jawa).

Baksa Dadap merupakan salah satu jenis tari klasik Banjar yang disebutkan dalam Hikayat Banjar. Dalam mempersembahkan tarian ini para penari memegang busur dan anak panah yang dipanggil dadap. Mereak melompat dengan senjata ini, sambil mengankat sebelah kaki, bergerak dengan amat cepat, seolah-olah mereka terpaksa mempertahankan diri dari serangan yang datang dari semua sudut.

Baksa Kambang merupakan jenis tari klasik Banjar sebagai tari penyambutan tamu agung yang datang ke Kalimantan Selatan, penarinya adalah wanita. Tari ini merupakan tari tunggal dan dapat dimainkan oleh beberapa penari wanita.

Baksa Lilin Merupakan jenis tari klasik Banjar dengan gerakan membawa lilin.

Balatik merupakan Latik artinya tunas, balatik artinya bertunas. Tarian ini menggambarkan tumbuhnya tunas-tunas muda seniman tari Banjar.

Baleha dan Batarasulan Merupakan jenis tari berpasangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar